Laporan Hasil Kunjungan Wisata Edukasi

Laporan Hasil Kunjungan Wisata Edukasi
Labschool 2017 ke PUSPIPTEK Serpong-TMII
Oleh : Rashaka Omar(32)
Kelas 7A


            Pada jam 06.30 kami berkumpul di Halma untuk melaksanakan Apel pembukaan dengan sambutan dari pimpinan sekolah.Foto Wijaya Kusumah. Cuacanya saat itu cerah berawan jadi lumayan sejuk. Lalu pada jam 07.00 kami memasuki bus Panorama kami dan berangkat menuju PUSPIPTEK Serpong. Di perjalanan kami diberi kan LKS yang nanti akan digunakan oleh setiap murid. Sesampainya disana kami mendapat sambutan dari pihak pengelola di Auditoriumnya yang bisa dibilang sangat besar (kayak di bioskop) lalu disana kami juga diberikan sebuah documenter oleh pihak pengelola yang saat itu pula teman-teman disana sedang mencoba membuat video dokumentasi tentang Puspiptek.Foto Wijaya Kusumah. Lalu kami kembali ke bus untuk berangkat ke lab masing-masing dan kelas 7A telah dijadwalkan untuk pergi ke P2F LIPI yang yerdengar kern sampai ternyata diketahui itu lab fisika. Untungnya saat dikelompokan aku kebagian lab Baterai. Saat di lab baterai kami diberikan penjelasan tentang baterai dan pembuatanya. Lalu kami kembali ke bus dan melanjutakan perjalanan ke TMII.

            Lalu saat perjalanan Ketua kelas kami Abijan ngebeatbox lalu dengan handphone smartphone nya menyalakan lagu. Saya sendiri membantu dengan melakukan jasa request lagu ke belakang bus walau harus kena tendang, kejeduk, sampai mereka yang mau request rebutan papan requestnya. Lalu sepanjang jalan kita mendengar lagu saja hanya saja lagunya sepotong-potong dan Abijan bernyanyi dengan nada yang sangat, sangat  mengganggu alias sumbang.

            Lalu setelah dua Jam perjalanan akhirnya kami sampai di TMII kami lalu berangkat menuju masjid Diponegoro untuk melaksanakan sholat dzuhur berjamaah yang dipimpin oleh imam Pak Kasdi. Setelah sholat kami berangkat ke Sky world dimana disana kami di kumpulkan di auditorium yang juga bisa dibilang luas untuk menonton film “pendek” tentang luar angkasa kami semakin mengetahui banyak hal seperti Venus itu sebenarnya obor kematian, Kemungkinan nanti kita bisa hidup di Mars, dan Merkurius itu Panas dan dingin sekaligus, saat sedang seru - serunya (buat saya) filmnya di stop disaat yang menyenangkan. Lalu kami dibawa keluar untuk masuk ke tempat utama Sky World. Tetapi kami saat menunggu masuk kami melihat bahwa ternyata sekarang hujan deras. Setelah masuk suasana sudah tenang lagi sayang nya ada anak SD yang sedang outing, jadi kami sedikit tertahan saat disini. Tapi kami jadi bisa membaca banyak hal dengan detil dengan ingatan tidak akan tertinggal.Foto Wijaya Kusumah. Saat akan menaiki wahana 5D kami berbaris dengan lelah karena barisan saya telah direcoki karena asli nya kami adalah barisan pertama kami menjadi barisan laki-laki terakhir. Wahana 5D nya lumayan menyenangkan karena ya…. karena menyenakan saja. Setelah itu kami memasuki planetarium dan kami mendapatkan pandangan ke luar angkasa diatas Jakarta, sebagian orang bilang “Wow” tetapi sebagian nya lagi bilang “WOOOOOOOW”. Lalu disana kami diberi penjelasan tentang penciptaan tata surya dimulai dari matahari dibagian matahari tercipta semua orang bertepuk tangan padahal menurut teman saya Zidan yang duduk disebelah saya itu biasa saja. Setelah selesai kami keluar lagi lalu sesuatu yang tak terduga terjadi saya dan teman saya Bima tertinggal bus jadi menumpang bus 7B ke Masjid Diponegoro. Saat di Masjid Diponegoro kami melaksanakan sholat Ashar berjamaah dan karena hanya tinggal 15-20 menit menuju maghrib kami tetap kami menunggu di masjid sejenak dengan mengobrol dan entah kenapa yang membawa smartphone main game Mobile Legends dan Clash Royale yang lagi ngehits. Setelah menunggu kami akhirnya sholat Maghrib dengan Pak Kasdi masih sebagai Imam seperti sholat – sholat sebelumnya. Setelah sholat kami dikumpulkan untuk dihimbau untuk masuk bus masing – masing dan bersiap untuk kembali ke Labschool perjalanan dihitung kira – kira ½ jam- 1 jam

            Lalu saat perjalanan saya kembali menjadi pengambil request tetapi kali ini saya juga yang menjadi pemutar lagu setelah diberi handphone teman saya Aflah. Setelah 10 menit mendengar lagu handphonenya mati kuotanya ya sudah selesai dengar – dengar lagunya lalu semua orang melakukan aktivitas nya masing – masing ada yang mengobrol, ada yang tidur, ada yang ternyata punya kuota dan bisa muterin lagu sendiri bareng geng nya. Diperjalanan ternyata jalan tol nya macet parah jadi kami lama – lama semakin bosan. Setelah merasa lelah akhirnya saya tidur karena tidak kuat menahan ngantuk yang sudah menunggu. Setelah bangun saya sadar bahwa kami sudah berada di Rawamangun saya lalu mencoba untuk memaksimalkan tidur seperti yang lain yang saya lihat masih tertidur lelap tapi saat terbangun akan sulit tidur jadi saya bangun lalu saat kami memasuki Jalan Pemuda Pramuka yang lain mulai bangun jadi saat bus masuk sekolah kami semua memakai tas dan keluar. Demikianlah Acara Wisata Edukasi Kami


--------Selesai--------

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer